5 Cara Ampuh Menghemat Pulsa Smartphone

Spread the love

Saat ini hidup tanpa smartphone rasanya sangat mustahil, bahkan jika sehari saja tidak menyentuh gadget hidup jadi tidak menyenangkan. Hadirnya smartphone memang membawa banyak kemudahan, kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan tanpa harus beranjak dari tempat tidur. Semua kegiatan dapat diselesaikan dengan mudah, hanya dengan smartphone dan sinyal internet. Cek pulsa Telkomsel.

Cara Menghemat Pulsa

Namun, kemudahan itu juga ada harganya, pengeluaran untuk mendapatkan koneksi internet membuat orang harus membayar biaya pulsa yang dirasa lumayan. Apalagi untuk orang yang aktif browsing, sosial media, menonton video streaming, atau sekedar bermain game. Bagi kita yang suka tidak sadar karena asyiknya berselancar di dunia maya terkadang malah sampai lupa bahwa tagihan pulsa sudah sangat membengkak. Jika Anda ingin menghemat pengeluaran dan bisa tetap aktif bermain internet ada beberapa tips jitu untuk Anda dalam menghemat pulsa.

  1. Aktifkan Hanya Saat Sedang Dipakai

Umumnya kebanyakan orang selalu mengaktifkan mode pemakaian data di smartphone mereka. meskipun sedang tidak terpakai, mode data yang aktif setidaknya juga akan mengurangi sisa kuota yang ada. Oleh karena itu, usahakan jika smartphone Anda sedang tidak digunakan, matikan mode pemakaian data. Kita juga harus menyadari bahwa ada kalanya kita harus berhenti terhubung di internet dan melakukan kegiatan lain.

Selalu mengaktifkan mode data pada smartphone juga akan beresiko mengganggu konsentrasi saat sedang melakukan kegiatan lain. Anda tentu saja merasa tidak tahan untuk selalu mengecek smartphone jika mode data selalu aktif, sehingga sering kali pekerjaan menjadi tertunda. Oleh karena itu, aktifkan mode data saat waktu Anda sedang kosong. Pandai-pandailah untuk mengatur waktu bermain gadget.

  1. Pilih Paket Internet Sesuai Kebutuhan

Mungkin hampir semua orang saat ini sama-sama menggunakan internet, namun kebutuhan dan cara penggunaan internet setiap orang berbeda-beda. Aktivitas pemakaian ini yang akan sangat berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli pulsa. Ada yang mungkin lebih banyak memakai smartphone untuk chatting, sosial media, atau gaming. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan paket internet apa yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian internet Anda. cek pulsa Telkomsel.

  1. Kuota Unlimited dan Limited

Untuk Anda yang sering bermain game, ada baiknya untuk memilih paket kuota unlimited karena pemakaian yang tidak terbatas. Kasus tiba-tiba kuota habis saat bermain game dan ada akhirnya beralih ke tarif internet normal sering terjadi dan sangat merugikan. Oleh karena itu, paket unlimited bisa membantu Anda agar lebih menghemat pengeluaran pulsa.

Sedangkan paket kuota limited bisa dipakai oleh Anda yang rajin mengecek sisa kuota setiap saat. Jenis paket ini lebih terjangkau dibanding dengan paket unlimited, namun Anda harus detail dan jeli agar pemakaiannya dapat terkontrol. Jadi, mulai sekarang pikirkan baik-baik paket internet mana yang cocok untuk Anda.

  1. Pemilihan Lokasi

Jika Anda berada di lokasi yang susah sinyal, matikan saja mode pemakaian data karena hal ini dapat membuat kuota data Anda menjadi boros. Saat Anda berada di lokasi dengan sinyal yang susah, maka smartphone Anda akan terus mencari sinyal dan akibatnya kuota Anda akan terkuras banyak. oleh karena itu, aktifkan data di lokasi sinyal yang stabil.

  1. Matikan Fitur Auto-sync

Fitur ini berfungsi untuk mengupdate email secara otomatis, sangat berguna sekali bagi Anda yang aktif di email. Jika anda pemakai kartu Telkomsel dan memakai fitur auto-sync, anda perlu rutin cek pulsa Telkomsel karena memang Telkomsel cukup mahal kuota per KB nya.